Puncak Sosok Suguhkan Spot Sunset dan Obrolan Malam Romantis

Suasana malam yang romantis dapat dinikmati setelah kita menyaksikan surya tenggelam dari Puncak Sosok. Puncak bukit yang terletak di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DIY ini menjadi pilihan baru menikmati obrolan malam setelah kepenatan kuliah atau bekerja. Panorama sunset dan wisata kenyamanan malam menjadi tawaran utama obyek wisata Puncak Sosok. Selain itu, bagi anda penyuka olah raga sepeda turun bukit (down hill), dapat menjelajah jalur down hill. Titik mulai jalur down hill berada persis di samping pintu masuk Puncak Sosok. Jalur ini lebih dikenal dengan Puncak Gebang.

Warung Bambu Puncak Sosok menyajikan wedangan dan kuliner malam. Foto: Khayat/DolanTrip. Sunset Jogja Nightlife wisata romantis
Warung Bambu Puncak Sosok menyajikan wedangan dan kuliner malam. Foto: Khayat/DolanTrip

Area Puncak Sosok lekat dengan batu, kayu, dan bambu. Saat pertama kali kita masuk ke area Puncak Sosok, kita disambut dengan hasil kreasi seni anak muda Bawuran berupa warung bambu, lampu taman, ayunan kayu, hingga saung keluarga. Obrolan malam menjadi hangat, fokus, dan romantis sambil duduk pada ayunan kayu atau saung yang bersanding dengan temaram lampu bambu yang artistik. Selain itu, pengunjung dapat menikmati alunan musik akustik yang dipentaskan di panggung utama yang terbuat dari bambu.

Lampu bambu dan pemandangan kota jogja. Foto: Khayat/DolanTrip. Sunset Jogja Nightlife wisata romantis
Lampu bambu dan pemandangan kota jogja. Foto: Khayat/DolanTrip

Puncak Sosok atau nama lainnya Jabal Kelor (Gunung Pohon Kelor) resmi dibuka sejak 1 Januari 2018. Pembukaan obyek wisata ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga dan menjadi media pertukaran pengetahuan. Terdapat 5 warung kampung yang menjajakan wedangan dan makanan untuk menemani obrolan malam pengunjung.

Sajian khas yang menjadi kekhasan Puncak Sosok adalah Sego Wiwit (Sego: Nasi, Wiwit: Permulaan). Berdasarkan sejarahnya, Sego Wiwit disajikan sebagai bentuk harapan dan rasa syukur kepada Pencipta. Sego Wiwit biasanya disajikan saat ritual memulai masa tanam padi. Namun, sekarang Sego Wiwit di Desa Bawuran hanya menjadi sajian hidangan kuliner. Hal ini diceritakan oleh Krisdianto, salah satu pengelola obyek wisata Puncak Sosok.

Sumber penghidupan masyarakat Bawuran sebagian besar dari pertanian, ternak dan kerajinan. Terdapat aktivitas warga yang menjadi obyek wisata edukasi, yaitu peternakan sapi warga, pembuatan jamu, dan kerajinan bambu. Jika anda tertarik berkunjung ke Puncak Sosok, kami bersedia mengantar.

Adanya Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan yang terletak di bawah Puncak Sosok tidak begitu mengganggu pengunjung. Bau sampah dari Puncak Sosok hanya bisa tercium jika arah angin bertiup ke arah barat. Meskipun hal ini menjadi tantangan pengelola obyek wisata Puncak Sosok untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Panggung utama Puncak Sosok menjadi tempat ekspresi seni dan tempat menikmati sunset. Foto: Khayat/DolanTrip. Sunset Jogja Nightlife wisata romantis
Panggung utama Puncak Sosok menjadi tempat ekspresi seni dan tempat menikmati sunset. Foto: Khayat/DolanTrip

Berikut adalah rincian lokasi wisata Puncak Sosok yang dapat menjadi rujukan Anda berkunjung:

Tiket masuk dan Parkir

Puncak Sosok tidak menarik tiket masuk. Pengunjung hanya cukup membayar biaya parkir. Meski pengelola tidak mematok harga parkir, umumnya untuk parkir sepeda motor sebesar Rp. 2.000,- dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas Wisata Puncak Sosok

  • 1 panggung utama, menjadi tempat ekspresi seni (musik akustik)
  • 5 warung wedangan dan kuliner
  • beberapa spot nongkrong berupa kursi, ayunan, saung, hingga tikar
  • 1 aula pertemuan
  • 1 area toilet dan tempat ibadah (musholla)
  • jalur down hill sepanjang 1,3 kilometer. Tarif: Rp. 15.000,-
  • kapasitas lahan parkir cukup luas, dapat menampung 100 sepedata motor dan 10 mobil.
  • Tidak terdapat akses bus

Agenda Rutin

Terdapat penyelenggaraan senam pagi setiap hari minggu pagi. Selain itu, Puncak Sosok juga menjadi tempat upacara kemerdekaan setiap tahunnya. Penurunan bendera merah putih saat surya tenggelam (sunset) menjadi panorama yang unik dan dramatis.

Waktu Operasional

Puncak Sosok dibuka sejak pukul 06.00 pagi hingga 12.00 malam.

Waktu yang baik untuk Berkunjung

Sebaiknya anda berkunjung bukan pada siang hari, karena bisa dipastikan cuaca cukup terik. Kecuali jika anda bermaksud untuk menikmati jalur down hill, dapat berkunjung mulai pagi hingga siang hari. Waktu yang paling baik untuk berkunjung adalah saat sebelum sunset hingga tengah malam (16.00 – 00.00).

Akses menuju Puncak Sosok

Anda dapat menuju Puncak Sosok dari Kota Yogyakarta melalui jalur jalan lingkar (ring road) selatan, Jalan Pleret, sampai menemui penunjuk arah obyek wisata Puncak Sosok atau Puncak Gebang. Jika anda berkendara mobil, akses dari jalan utama hanya bisa dilewati satu mobil. Pengelola sudah menyediakan pemandu untuk menghindari simpangan sebelum pintu masuk. Tidak terdapat jalur bis atau mobil dengan lebar lebih dari dua meter. Bagi anda yang dari luar Yogyakarta menggunakan kereta api atau pesawat, sebaiknya anda menyewa kendaraan. Kami menyediakan penyewaan kendaraan dengan harga yang pantas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *