Menakar Peran Generasi Muda dalam Tradisi dan Potensi Wisata Dieng

Festival Budaya Dieng atau Dieng Culture Festival (DCF) menjadi agenda tahunan sejak 2006. DCF adalah karya pemberdayaan warga dataran tinggi Dieng. Pagelaran pada 3-5 Agustus 2018 merupakan kali ke sembilan DCF, karena penamaan DCF dimulai sejak 2013. Budaya tradisional dan modern dipadukan dalam upaya pelestarian dan peningkatan potensi aset warga Dieng. Sajian kuliner khas Dieng dan suhu dingin yang mencapai titik beku menjadi warna yang membuat pengunjung terkesan dengan DCF. Terlebih dengan sajian jazz atas awan dan festival lampion yang mendominasi unggahan instagram para pengunjung pada tagar #DCF2018, terutama generasi millenial. Gotong royong generasi muda menjadi tonggak pelestarian tradisi dataran tinggi Dieng.

Ritual pemotongan rambut gimbal/gembel Dieng Culture Festival
Tradisi Dieng: Ritual pemotongan rambut gimbal/gembel pada Dieng Culture Festival. Foto: Vani DT

Terdapat ragam acara yang mengisi agenda tahunan DCF, mulai dari pameran Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), pameran desa-desa wisata Dieng, kirab budaya, festival caping, festival bunga, festival lampion, ragam pertunjukan seni, jazz atas awan, hingga acara puncaknya ritual pemotongan rambut gimbal. Penyelenggara utama DCF adalah warga desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Continue reading “Menakar Peran Generasi Muda dalam Tradisi dan Potensi Wisata Dieng”

Perjalanan Jazz Atas Awan Dieng hingga 2018, Romantisme dan Kejutan Artis

Jazz atas awan merupakan penamaan dari pagelaran musik jazz dan etnik yang merupakan bagian dari agenda tahunan Festival Budaya Dieng atau Dieng Culture Festival (DCF). Jazz atas awan pertama kali digelar pada 2013. Sementara DCF sudah digelar sejak 2009 sebagai upaya mengenalkan budaya Dieng kepada wisatawan lokal hingga mancanegara. Saat kali pertama jazz atas awan digelar, daftar penampil didominasi oleh musisi lokal yang berasal dari sekitaran dataran tinggi Dieng.

Continue reading “Perjalanan Jazz Atas Awan Dieng hingga 2018, Romantisme dan Kejutan Artis”

Gathering, Outing dan Outbound untuk Kekompakan, Kekeluargaan, hingga Kolaborasi

Agenda outing biasa digelar oleh komunitas atau perusahaan untuk menyegarkan kekompakan dengan melakukan permainan menyenangkan di alam terbuka. Sedangkan outbound, selain berisi permainan menyenangkan, juga menjadi sarana pembentukan karakter individu dan organisasi melalui aktivitas fisik, pikiran, dan emosional. Setelah outing dan outbound, peserta diharapkan menjadi individu yang loyal dan bertanggungjawab dalam berkompetisi dan kolaborasi.

Kekompakan, Kekeluargaan, Kerja Tim. Gathering, Outing, Outbound
Kerja Tim. Foto: Pixabay

Continue reading “Gathering, Outing dan Outbound untuk Kekompakan, Kekeluargaan, hingga Kolaborasi”